Sabtu, 11 Januari 2014

Profil YUI


Nama : YUI
Nama asli : Yoshioka YUI
Tempat Lahir : Fukuoka, Japan
Tanggal Lahir :  26 Maret 1987
Keluarga : Ayah (Meninggal), Ibu, Nenek
Zodiak : Aries
Shio : Kelinci
Hobi : Menonton tv, membaca buku, bermain bulu tangkis
Tinggi badan : 155 cm
Golongan darah : AB
Tempat Favorite : Pantai Shingu di Fukuoka
Website : yui-net
Youtube : YUI VEVO



                YUI Yoshioka atau yang lebih dikenal dengan YUI, dilahirkan pada tanggal 26 Maret 1987 di Prefektur Fukuoka, Jepang. YUI melakukan debutnya di dunia entertaimen jepang dengan menggunakan nama YUI tanpa mencanntumkan nama keluarganya. Di jepang sendiri, ada banyak sekali artis bernama Yui, tapi hanya YUI ini yang penulisannya harus menggunakan huruf kapital semua dan sudah dipatenkan Sony Music.
                YUI kecil tinggal dan besar dengan ibunya yang orang tua tunggal. Saat ditanya wartawan YUI tentang ayahnya, YUI menjawab bahwa ayahnya sudah pergi. Ayah kandungnya pergi meninggalkan YUI dan ibunya saat YUI berumur 3 tahun. Iya juga sering menyebutkan ibunya diwawancara, tapi ibunya sendiri tidak pernah muncul ke depan publik, bahkan nama asli dari ibunda YUI, belum diketahui dengan pasti. YUI mendeskripsikan dirinya sebagai seseorang yang pemalu dan semasa kecilnya jarang berbicara dengan orang lain. Dia lebih memilih untuk bermain di pegunungan, sungai, pantai, bahkan sawah.
                Saat berumur tiga tahun, dia terinspirasi oleh ibunya yang menulis jurnal dan mencoba mengubahnya menjadi puisi yang indah. YUI kecil sering mendengar alunan musik di radio. Yang kemudia menjadi sangat suka musik. Dia sering mengingat irama irama indah dari musik yang ia dengar di radio lalu menyanyikannya. Kemudian saat ia beranjak ke sekolah dasar, YUI berpikir bahwa ketika ia sudah besar nanti, ia akan menjadi seorang penyanyi.
                YUI bercerita bahwa sebelum mengenal musik, dia merasa hidupnya diselimuti awan gelap, ia pergi sekolah hanya karena suatu keharusan . tapi setelah bertemu dengan musik, dia menemukan apa yang ia ingin lakukan selama itu. Itu sebabnya YUI tidak ragu saat akan memutuskan tidak melanjutkan pendidikannya.
                YUI kecil bukanlah berasal dari keluarga berada. Dulu dia tidak memiliki apa-apa. Gitar pertama yang ia punya adalah gitar tua pemberian guru sekolah musiknya sendiri. Lucunya YUI acap kali dimarahi tetangga saat sedang bermain gitar karena dianggap suaranya berisik dan menggangu ketenangan tetangganya. YUI  lantas mengayuh sepeda sambil membawa gitarnya ke tengah-tengah padang rumput tak jauh dari rumahnya dan bermain gitar dengan bebas disana.
                 YUI mulai mencoba membuat lagu sendiri sejak duduk dikelas 3 SMP, dia membuat lagu terinspirasi Avril Lavigne. Saat itu dia sedang mendengarkan radio yang ada dimobil tua ibunya. Dia mendengar Avril Lavigne diusianya yang masih muda sudah menyanyi dan lagunya sudah terkenal di seluruh dunia. Tentu saja Avril membuat lagunya sendiri, sehingga YUI juga ingin seperti itu.
                Saat masih sekolah , YUI kerja paruh waktu di sebuah restoran china. Sambil bekerja, ia juga menyempatkan diri untuk membuat lagu. Sampai pada akhirnya akibat terlalu lelah dalam aktivitas dia jatuh sakit. YUI menderita sakit pneumia (radang paru-paru) dan mengharuskan ia untuk dirawat di rumah sakit hingga opname dalam kurun waktu yang cukup lama. Dalam situasi yang hanya terbaring lemah, ia banyak menghabiskan waktunya dengan melamun, berpikir tentang suatu hal lainnya. Setelah keluar dari rumah sakit YUI bertemu dengan musisi jalanan Bianco Nero, atas saran Bianco Nero, YUI lalu memutuskan untuk sekolah musik, saat itu YUI lalu memutuskan untuk berhenti sekolah dan hanya fokus di sekolah musik saja.
                Ia mengeksplorasi kemampuannya hingga sempat menjadi street perfomer di depan stasiun Tejin . hal ini juga dilakukan untuk mengatasi rasa malu dan canggung berada di depan publik. Bulan maret 2004, YUI mengikuti “SD Audition” yang diadakan Sony Music Japan. Dari 20 ribu peserta hanya 10 orang yang tersisa termasuk YUI. Sony Music berhasil menemukan potensi yang dimilikinya: keluguan dan kesederhanaan yang dibalut dengan suara kekanak kanakan nan unik, imut, dan emosional. Akhirnya di tahun 2005 mesti meninggalkan tanah kelahirannya Fukuoka dan menuju Tokyo, untuk mengejar cita-citanya.
                 Untaian demi untaian waktu berlalu, dan kini remaja pemalu itu sudah menjadi seorang penyanyi dan penulis lagu yang sangat berpengaruh di Jepang. Fans-fansnya tersebar bukan hanya di jepang atau asia saja, tetapi hingga Eropa, Amerika Utara, Selatan, dan pelosok globe. Kisah hidup dan perjalanan karirnya menginspirasi banyak orang. Lirik-lirik lagunya memberi semangat, memberi sudut pandang baru bagi yang mendengarkannya. Sosoknya yang cantik, namun tetap sederhana, rendah hati, dan jujur memberi kesegaran di dunia hiburan yang serba artifisial. Itulah YUI, yang tidak sempurna, namun selalu berusaha menjadi dirinya sendiri dan menampilkan yang terbaik.
                Pada tanggal 14 juli 2010, YUI merilis album ke 4 nya yang berjudul Holiday in The Sun. Album ini terdapat lima single dari single milik yui sebelumnya. 5 single tersebut dari single “Summer Song” dan hingga “To Mother”. Album ini menjadi album ke 4 nya yang masuk kedalam peringkat lagu nomor 1 tangga lagu Oricon dan terjual  300,000 kopi.
                Single “Rain” dirilis pada tanggal  24 november 2010. YUI merilis album dalam 2 sisi yaitu A dan B pada sigle berikutnya yang berjudul “It’s My Live / Your Haven” pada tanggal 26 januari 2011. YUI kemudian terbang ke Swedia  guna melakukan pengambilan gambar untuk video clip “Your Haven” dan film pendek mengenai perjalanan YUI ke berbagai tempat di Swedi.
                Tur konser YUI yang berjudul Holiday in The Sun dirilis pada tanggal 9 maret. Sigle terbarunya yang berjudul “Hello (Paradise Kiss)” , dirilis 3 bulan berikutnya yaitu pada tanggal 1 juni 2011. Sigle ini merupakan sigle dengan sisis A dan B yang keduanya digunakan sebagai lagu tema untuk sebuah film layar lebar jepang berjudul “Paradise Kiss”.
                Pada tanggal 16 juni 2011, YUI kembali terbang ke hongkong untuk melakukan tur konser musiknya diluar jepang untuk pertama kalinya. Konser tersebut diselenggarakan do Asia World-Expo Arena,  yang berkapasitas penonton 14.000 orang.
                Pada tanggal 2 november 2011, album YUI yang berjudul How Crazy You Love dirilis. Album ini langsung menduduki  peringkat 1 dalam tangga lagu harian oricon. Terjual lebih dari 50.000 kopi pada hari pertama rilis dan juga menduduki peringkat 1 di tangga lagu minggu oricon. Allbum ini merupakan kali ke 5 dari album YUI yang saat perilisan langsung meraih peringkat 1 di tangga lagu minggu oricon. Pada tanggal 11 november 2011, YUI memulai tur konser ke lima nya.
                Pada tanggal 18 Desember 2012, YUI melalui sebuah pengumuman di situs resminya, menjelaskan bahwa ia akan vakum untuk sementar waktu dari dunia musik. Ia menemukan suatu hal baru yang ingin ia coba dan memutuskan untuk berhenti sejenak dari dunia bermusiknya untuk mempersiapkan hal tersebut.
                “Aku tahu ini mungkin menyebabkan banyak orang khawatir, namun aku menulis surat ini dengan harapan bahwa surat ini dapat menyampaaikan kepada semua bahwa aku memutuskan hal tersebut dengan pikiran positif”.
                Mengenai masa depannya sendiri, ia bekomentar, “Gayaku mungkin akan berubah, aku tidak akan kembalu ke panggung sebagai YUI. namun aku ingin melakukan banyak banyak hal yang menyenagkan lewat musik, jadi jika anda ingin, tetaplah berada bersamaku.”
                YUI kembali dari masa Vakum nya dengan membentuk  sebuah band baru bernaama Flower Flower (Fura Fura). Penampilan YUI pun terlihat berbeda dari YUI yang sebelumnya. Ia memotong rambutnya hingga pendek dan warna rambutnya berubah menjadi  pirang.

                Band ini mengadakan pertunjukan secara sembunyi-sembunyi di seluruh wilayah jepang. Baand ini melakukan pertunjukan perdana secara resmi pada acara Japan Jam 2013  di Shinkiba’s Studio Coast pada tanggal 4 mei 2013 dan dilanjutkan di acara bertajut Tokyo Metropolotan Rock Festival 2013 di Shinkiba Park pada tanggal 26 Mei 2013. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar